top of page
Gform_banner.jpg

10 Tools yang Sering Dipakai oleh Desain Grafis


10 Tools Desain Grafis

Desain grafis saat ini menjadi salah satu profesi yang paling diminati, apalagi di era digital seperti sekarang, desain grafis sangat dibutuhkan dalam setiap sektor pekerjaan, baik itu startup, perusahaan multinasional dan juga bisnis UMKM. Ada banyak aspek yang memerlukan desain grafis, diantaranya konten media sosial, iklan, kartu nama, brosur, menu, banner dan masih banyak lagi.


Nah, untuk membuat berbagai desain tersebut, ada banyak pilihan aplikasi atau software yang biasanya digunakan oleh para desainer. Berikut adalah 10 rekomendasi tools yang populer untuk desain grafis, yuk kita simak!


1. Adobe Illustrator

Pertama yaitu tools Adobe Illustrator. Masih bagian dari keluarga Adobe, tools ini banyak digunakan untuk membuat desain grafis. Adobe Illustrator adalah sebuah tools desain yang berfokus pada pembuatan desain vektor, contohnya seperti pembuatan logo, mockup website, tipografi, ilustrasi dan poster.

Tools ini menjadi pilihan para desainer karena hasil dari Adobe Illustrator ini tidak akan pecah karena berbasis vektor. Aplikasi Adobe Illustrator ini bisa diinstal pada Windows, Mac OS atau menggunakan iPad. Sama seperti Adobe tools yang lainnya, Adobe Illustrator ini dikenakan biaya langganan perbulannya.


2. Adobe Photoshop

Tools desain grafis yang kedua yaitu Adobe Photoshop. Tools ini menjadi tools desain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia loh! Hal ini dikarenakan Adobe Photoshop memiliki fitur yang lengkap dan juga memberikan kemudahan dalam membuat desain.


Selain untuk membuat desain, Photoshop juga bisa melakukan berbagai hal mulai dari komposisi foto, memperbaiki objek hingga mengganti background. Ajaib banget ya? Hehehe.. Aplikasi ini bisa diinstal pada Windows atau Mac OS. Sama seperti Adobe tools yang lainnya, Photoshop ini juga dikenakan biaya langganan perbulannya.


3. Adobe InDesign

Masih dari keluarga Adobe, tools desain grafis berikutnya yaitu Adobe InDesign. Tools ini biasanya digunakan para desainer grafis untuk membuat desain layout dari sebuah media cetak seperti, pembuatan desain buku, majalah, e-book, poster sampai design PDF interaktif.


Hasil desain dari Adobe InDesign ini bisa di import menjadi beberapa format seperti, pdf, jpg, png, psd dan dokumen. Tools ini bisa digunakan pada Windows dan Mac OS yang dikenakan biaya langganan perbulannya. Namun, di aplikasi Adobe InDesign ini terdapat free trial untuk kamu yang masih dalam tahap belajar, setelah mahir kamu bisa melanjutkannya dengan membayar biaya langganan. Ada yang sudah pernah coba aplikasi ini?


4. Adobe Express

Berbeda dari Adobe lainnya, selain tersedia dalam bentuk aplikasi, Adobe Express ini juga bisa diakses melalui website. Fitur yang disediakan juga tersedia dalam bentuk template yang mirip seperti Canva. Pengguna juga bisa membuat desain grafis untuk berbagai macam keperluan mulai dari poster, logo, postingan sosial media, sampul buku, thumbnail YouTube, dokumen presentasi dan masih banyak lainnya.


Adobe Express bisa digunakan oleh seluruh pengguna, baik yang berlangganan maupun secara gratis. Untuk mendapatkan akses secara menyeluruh dan benefit desain lainnya, pengguna bisa beralih ke premium dan dikenakan langganan perbulannya. Tapi tenang, biaya langganan Adobe Express tidak semahal Adobe tools lainnya kok.


5. Pro Create

Tools desain grafis selanjutnya yaitu Pro Create, tools ini populer digunakan oleh desainer grafis khususnya pengguna iPadOs dan iOs. Aplikasi ini diciptakan untuk pecinta art, dimana kita bisa menggambar secara manual menggunakan pensil, pena bahkan cat air.


Kelebihan tools ini adalah mengurangi penggunaan kertas. Dengan versi digital, kita bisa menggunakan kertas sebanyak apapun tanpa menggeluarkan banyak biaya. Pro Create adalah aplikasi berbayar dengan harga yang murah, cukup membayar satu kali saja dan kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini sampai kapanpun. Menarik untuk di coba kan? Hehehe..


6. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang sangat populer di berbagai kalangan, selain gratis aplikasi ini juga mudah untuk digunakan. Dengan berbagai macam template yang tersedia, sangat memudahkan dalam membuat desain untuk berbagai keperluan. Aset dan editornya pun mudah dipakai bahkan bagi pemula sekalipun.


Kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat logo, konten sosial media, banner, presentasi dan lainnya. Ini sangat cocok untuk membuat desain yang tidak terlalu kompleks dan butuh waktu yang cepat. Untuk mendapatkan seluruh fiturnya, kini Canva sudah tersedia dalam bentuk premium baik untuk fitur umum maupun siswa, kamu bisa memilih dan menyesuaikan dalam pembayaran dan penggunaannya. Selain itu kamu juga bisa mencoba paket pro nya selama 30 hari secara gratis. Apakah kamu salah satu yang coba paket pro Canva secara gratis?


7. Figma

Tools desain grafis berikutnya yaitu Figma. Figma menjadi salah satu tools untuk membuat desain grafis terpopuler saat ini. Tools ini menyediakan berbagai fitur yang akan membantu kamu dalam mendesain, contohnya seperti fitur Community, dalam Community Figma kamu bisa mencari berbagai referensi desain.


Biasanya tools Figma banyak digunakan oleh para desain grafis terutama desainer UI/UX, karena Figma menyediakan fitur Prototype dari desain yang sudah dibuat. Fitur ini akan memudahkan desainer dalam melakukan pengujian pada user interface. Tools figma tersedia secara gratis dan berbayar. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan browser atau mendownload langsung aplikasinya untuk mengakses Figma.


8. CorelDRAW

Sama halnya dengan Adobe Illustrator, Corel DRAW juga merupakan aplikasi desain grafis yang berbasis vektor. Tools ini cocok digunakan dalam pembuatan logo atau desain lainnya, karena resolusinya sangat baik dan tidak akan pernah pecah jika di zoom. CorelDRAW juga bisa export atau import beberapa format seperti AI, pad, jpg, pdf, svg dan berbagai format lainnya.


CorelDRAW memiliki free trial yang bisa digunakan selama 15 hari pemakaian, lalu setelahnya dikenakan biaya langganan tahunan. Meskipun pembayaran yang ditawarkan cukup mahal, tapi cukup worth it kok, karena tools ini menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.


9. Sketch Up

Tools desain grafis terbaik selanjutnya yaitu Sketch Up. Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh Mac OS saja dan tidak bisa digunakan oleh sistem lain seperti Windows. Sketch Up bisanya digunakan untuk membuat berbagai jenis desain seperti, membuat desain UI, layout website hingga desain sebuah alur aplikasi.


Fitur Sketch Up dirancang khusus desainer yang berfokus pada program pemodelan 3D seperti pembuatan film dan game. Tools Sketch Up memiliki dua jenis biaya langganan yaitu langganan per bulan dan langganan per satu tahun.


10. Affinity Desainer

Tools desain grafis yang terakhir adalah Affinity Desainer, tools ini disebut menjadi salah satu alternatif dari tools Adobe Illustrator. Tools ini bisa membuat berbagai desain seperti desain logo, UI, mockup dan berbagai desain lainnya.


Kelebihan yang dimiliki Affinity Desainer ialah bisa mengubah bitmap ke vektor dan sebaliknya. Tools ini bisa dipakai di Windows, Mac dan iPad dengan biaya yang berbeda pada setiap bulannya.


Itu tadi pembahasan mengenai 10 tools yang sering digunakan oleh desain grafis, baik pemula maupun yang profesional. Roarwriter kepo donk, biasanya senjata berkreasi kamu yang mana nih?


Terbaru

bottom of page