top of page

2 Cara Simple Buat Bikin Desain Kreatif Kamu Berkomersil

Perpaduan seni dan estetika yang menghasilkan kreatifitas desain menarik sering kali dapat memanjakan mata. Sayangnya desain kreatif bukan sekedar menarik perhatian, akan tetapi juga memiliki nilai komersil bagi calon buyernya.


Banyak kreativitas seni diluar sana yang nilai estetikanya jauh diatas rata-rata, tapi nyatanya hanya 3 dari 10 desainer yang bisa mengubah desain mereka menjadi pasif income, ya baru sedikit dari penggiat seni yang bisa merubah desain mereka bernilai komersil. Taukah kamu alasannya kenapa?


Yuk cari tahu bareng, gimana sih caranya mengubah desain menjadi komersil!


1. Prioritaskan Fungsionalitas Desain Kreatif

Desain bukan hanya soal penampilan, estetika dan visual yang menariknya aja, tapi juga harus dipertimbangkan bagaimana fungsional desain itu sendiri. Sebelum membuat sebuah desain kita sebagai seorang desainer harus melihat fungsinya lebih dulu.


Saat kita mengintegrasikan fungsional desain sesuai dengan sasaran, pengguna jasa desain kita akan merasa puas dan pastinya ini bisa meningkatkan peluang komersil bagi desain kita.


Roarwriter kasih contoh untuk kamu yang masih bingung cara nentuin fungsionalitas ya.


Contoh:

Kamu mendesain gambar ini:

Ramen Hour by Meine_Ein

Alih-alih hanya menampilkan desain ini aja, ada baiknya kamu masukkin desain kamu ini ke sebuah mock up seperti ini.


Ramen Hour Mock Up

Nah, dengan menampilkan gambar mock up ini, tentunya buyer jadi bisa liat nilai komersil dari desain kamu. Hal ini juga bisa bantu kasi ide ke buyer loh, kalo desain kamu ini cocok untuk kebutuhan mereka atau enggak.


2. Beradaptasi dengan Kebutuhan Pasar

Beradaptasi adalah satu dari sekian banyak kunci menuju kesuksesan, termasuk cara jitu mengubah desain menjadi ladang cuan. Adaptasi bukan berarti kita tidak bisa memasukkan selera atau ketentuan dari kita, tapi kita harus bisa menyesuaikan dengan perubahan dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.


Artinya disini, kita sebagai desainer harus selalu terus up to date terhadap tren terkini dan harus bisa melihat peluang seperti apa yang sedang banyak dicari pengguna. Semakin kita bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar, maka kesempatan akan semakin lebar terbukanya.


Salah satu contoh yang sederhana, akhir tahun identik dengan desain perayaan Natal dan Tahun Baru. Sebagai desainer, kamu bisa banget mendesain dengan tema tersebut. Kamu juga bisa riset dulu nih, kira-kira desain tema tersebut biasanya dipake di mana sih, apakah di kartu ucapan, banner, poster, template dan masih banyak lagi.


Jadi gimana, udah tau dong gimana caranya mengubah desain menjadi komersil? Pastinya udah ya, haha. Sekarang coba langsung diterapkan dan upload sebanyak mungkin desain kamu di website HiDimas.


Perlu diinget nih bahwa desainer yang sukses adalah mereka yang bisa menggabungkan keindahan visual dengan keberfungsian yang kuat dan kemampuan untuk memenuhi tujuan bisnis. Dengan cara ini, desain bukan hanya menjadi seni, tetapi juga alat yang efektif dalam mencapai kesuksesan komersil.


Commentaires


bottom of page