top of page

7 Skill Rahasia Para Desainer Grafis Pro


7 Skill Rahasia Para Desainer Grafis Pro

Dalam dunia digital pastinya konten visual udah gak asing lagi buat kita. Hampir seluruh sektor industri sudah mulai beralih ke ruang lingkup ini, bener gak?


Sebagai seorang desainer grafis, pastinya kita harus bisa menyesuaikan konsep konten visual dengan jenis industrinya, misal nih kita berada di sektor pertanian maka otomatis desain yang kita hadirkan harus relevan dong, entah dari segi warna atau elemen dalam visual kita.


Suka penasaran gak sih apa skill rahasia para desainer grafis untuk memenuhi brief permintaan kliennya? Nah, roarwriter mau coba bahas di bawah ini, yuk kita simak bareng!!


Technical Skills


Tipografi

Seorang desain grafis harus bisa menyusun huruf dan kata yang menarik secara visual. Why? Karena pemilihan gaya tulisan dapat mempengaruhi karya visual, mulai dari menyesuaikan jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf sampai dengan meletakkan pada tempat yang tepat. Dengan begini, desain yang dihasilkan akan menjadi berkarakter dan dapat memikat perhatian audience yang jadi sasaran branding.


Memilih Font

Meskipun banyak font bisa didapatkan dengan mudah di internet, tapi gak semuanya bisa relevan digunakan dengan visual yang kita buat. Sebagai seorang desainer tentunya harus bisa milih jenis dan ukuran font yang cocok dengan visualnya.


Tools Desain

Sebagai seorang desain grafis menguasai tools/sofware desain cukup esensial. Beberapa aplikasi umum yang digunakan biasanya meliputi Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign.


Psstt kalian bisa cek juga aplikasi lain yang sering digunain desainer di sini


Memiliki Kemampuan Mengikuti Brand Guidelines

Sebagai seorang desainer grafis pastinya akan banyak berhubungan dengan beragam permintaan klien dan brand yang berbeda-beda. Oleh karena itu, desainer grafis pro perlu memiliki pemikiran yang cermat dan kreatif dalam mengikuti pedoman yang diberikan. Dengan begini desain visual yang dihasilkan akan selalu sesuai dengan perkembangan terbaru dan brand guidelines nya.


Soft Skills


Bisa Berkomunikasi Dengan Handal

Desainer grafis pro biasanya bisa mengekspresikan ide mereka dengan jelas dan konsisten. Sebelum membuat sebuah konten visual mereka bisanya telah memiliki gambaran secara umum apa yang akan mereka buat, lalu mempresentasikannya kepada klien. Dengan begitu ide yang diberikan akan sesuai dengan permintaan. Nah, untuk menjelaskan teknis ini diperlukan komunikasi yang handal supaya tidak ada kekeliruan. Saat komunikasi yang dilakukan berhasil, maka konten visual yang dibuatpun akan menjadi lebih mudah.


Memiliki Kreativitas Tanpa Batas

Sebagai seorang desainer grafis pastinya akan banyak berhubungan dengan beragam permintaan klien, oleh karena itu dibutuhkan pemikiran yang kreatif. Desainer grafis harus bisa memberikan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan begitu pertumbuhan desain yang kamu hadirkan akan selalu baru dan bisa siap disandingkan dengan visual konten pro lainnya.


Memiliki Time Management Yang Baik

Jadi desainer grafis berarti harus bisa bekerja mengikuti deadline yang telah ditentukan. So, gak aneh kalo kamu harus bisa mengatur waktu dengan efisien agar pekerjaan selesai sesuai dengan jadwal. Ketepatan waktu dalam mengerjakan sebuah projek menentukan profesionalitas kamu dalam dunia kerja loh.


Oh iya, roarwriter punya sedikit tips nih supaya kamu bisa jadi desainer grafis pro max. Yang pertama, kamu wajib banget selalu mengikuti desain terbaru. Gak cuma trend desainnya aja, kamu juga harus selalu update dengan trend dan teknologi terbaru ya, supaya gak ketinggalan jaman! Yang kedua, jangan lupa untuk selalu perbarui portofolio kamu dengan berbagai projek mulai dari projek pribadi sampai dengan projek kerjasama dengan klien. Dengan begitu, calon klien kamu bisa tau kreativitas dan hasil kerjaan kamu dengan lebih yakin.


Terlepas dari kamu udah pro atau pemula, kamu tetep bisa banget kok memulai projek kamu mulai dari sekarang! Perbanyak relasi dan selalu belajar disetiap kesempatan.


Bingung mau mulai bikin projek dari mana? Dari HiDimas aja yuk! Portofolio kamu punya kesempatan di liat jutaan orang Indonesia loh!

Comments


bottom of page