top of page
Gform_banner.jpg

Bukan Cuma Soal Harga, Tapi Desain Itu Soal Nilai

Hallo pejuang kreatif, kamu udah tau belum sebenarnya berapa sih patokan harga sebuah aset yang tepat? Apakah harga 50k untuk sebuah desain itu mahal? Atau jangan-jangan terlalu murah? Yuk kita bahas!



Nah, tapi tentunya desainer profesional gak semau-maunya ngasih harga aset dengan angka yang fantastis.


Desainer Nentuin Harga Desain

Ternyata, ada 4 faktor yang digunain oleh desainer dalam mempertimbangkan harga desainnya, ini dia nih faktornya : 


1. Pendidikan dan Skill

Kita semua tau bahwa belajar desain ga bisa kayak bikin candi yang bisa selesai dalam satu malam, iya gak?


Untuk menjadi desainer yang handal biasanya dibutuhkan waktu berbulan atau bahkan bertahun-tahun, seperti kata  Andreas Erickson dari Florida State University yang menyebutkan bahwa perlu meluangkan waktu selama 10.000 jam untuk menjadi ahli dalam sebuah keterampilan loh. Gimana enggak? Banyak banget yang harus dipelajari, mulai dari komposisi riset warna, warna, font, terus harus bisa mengenal selera klien dan masih banyak lagi.


2. Modal Pokok

Modal pokok desainer itu banyak banget, mulai dari software, laptop, internet, makan dan lain-lain.


Biasanya seorang desainer menggunakan lebih dari satu software desain, tapi perlu diketahui harga software desain itu mahal banget lho, misalnya aja lisensi software Photoshop yang sekali beli harganya bisa diatas 8-10 juta. Itu baru 1 software aja lho, belum yang software pendukung lainnya.


Spek laptop seorang desainer juga ga bisa yang kaleng-keleng, biasanya harga laptop mereka mulai dari 7 jutaan dan itu only laptop aja, belum mouse, pentab dll yang biasanya sekitar 2 jutaan lagi.


Seorang desainer juga harus selalu terkoneksi internet, bisa dibilang harus unlimited internet.


Ini terakhir tapi penting banget nih kalo lagi begadang. Kopi! Pastinya perlu banget donk, ya gak? Minumnya sering, berarti beli kopinya sering. Nah kalo di itung-itung berapa nih kira-kira modal kamu?


3. Ide dan Waktu

Poin-poin diatas itu baru hal-hal yang bisa dihitung, nah gimana dengan hal penting yang gak bisa dihitung?


Mendapatkan sebuah ide adalah poin penting dalam mendesain lho, dan bukan hal mudah dalam memunculkan sebuah ide.


Belum lagi desainer harus mempertanggungjawabkan segala macam seperti lisensi, copyright dan hak kepemilikan desainnya.


4. Kredibilitas dan Pengalaman Desainer

Kredibilitas seorang desainer sangat berpengaruh dalam menentukan nilai jual. Iya dong, semakin lama pengalaman kamu sebagai desainer tentunya harga karya kamu akan semakin mahal. Contoh nih, Mawar yang udah berpetualang dalam dunia desain selama 10 tahun, tentu kredibilitasnya jauh berbeda dengan Bunga yang baru saja melebarkan sayapnya di industri kreatif.


Saat Mawar membandrol desainnya yang simpel dengan harga fantastis, mungkin dalam waktu yang singkat bisa sold out. Tapi Bunga mungkin akan kesulitan untuk jual dengan harga yang sama.


Jadi kredibilitas desainer sangat berpengaruh dalam menentukan nilai jual, tapi jangan takut kredibilitas bisa terus ditingkatkan kok.


Setelah membaca beberapa faktor diatas tau dong kenapa harga jasa desain mahal? Selain soal harga pastinya nilai jual jauh mempengaruhi harga sebuah desain ya.


Nah, setelah kamu timbang-timbang nih, kira-kira harga jual kamu udah sesuai belom dengan yang kamu keluarkan?


Yuk kita sama-sama selaraskan harga desain dengan nilai jualnya!!



Terbaru

bottom of page