top of page
Gform_banner.jpg

HiDimas Sebagai Ekonomi Baru dan Marketplace Kreatif Teknologi Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Industri kreatif dan ekonomi digital di Indonesia mengalami perkembangan pesat, namun dampaknya belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. Kebanyakan konten kreator, seperti Youtuber dan TikToker, justru dianggap sebagai penyebab merosotnya potensi pendapatan iklan bagi warga Indonesia. Bagaimana solusi untuk menciptakan ekonomi baru melalui platform kreatif teknologi marketplace?


Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama menjelaskan, "Banyak yang datang kita, bilang bagus, karena mereka sudah punya jutaan konten kreator. Itu hanya buat konten kreator baru, dia yang untung, pembaginya makin banyak. Sizenya tetep sama, digital adex (iklan digital) cuma segitu." (Sabtu, 2 Desember 2023).


Pandangan yang menarik mengenai pertumbuhan jumlah konten kreator di platform digital asing. Meskipun konten kreator menjadi daya tarik utama bagi platform, yang sebenarnya mendapatkan keuntungan hanyalah pemilik platform streaming dan media sosial. Potensi pendapatan iklan bagi warga Indonesia justru berkurang karena persaingan yang semakin sengit.


Pertumbuhan yang terjadi pada sektor e-commerce juga dinilai tidak memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian. Wishnutama mengungkapkan bahwa penambahan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di platform digital hanya memindahkan ekonomi dari offline ke online tanpa menciptakan ekonomi baru.


HiDimas hadir sebagai solusi untuk mengatasi ekonomi digital Indonesia. Sebagai marketplace kreatif digital terkemuka di Indonesia, HiDimas memberikan peluang bagi desainer grafis untuk menjadi kontributor. Dengan mendaftar sebagai contributor di platform ini, desainer grafis dapat mengunggah karya mereka dan menjualnya kepada ribuan pelanggan potensial.


Kenalan dengan HiDimas lebih lanjut di sini yuk!

Dengan memberdayakan para desainer grafis lokal, HiDimas berkontribusi pada meningkatkan pangsa pasar lokal dalam ekonomi digital. Ini adalah langkah nyata menuju kemandirian ekonomi dan mengurangi ketergantungan pada platform asing.


HiDimas bukan hanya sebuah marketplace kreatif digital, tetapi juga sebuah langkah strategis untuk menciptakan ekonomi baru di Indonesia. Dengan menggerakkan sektor desain grafis, HiDimas berperan dalam memberdayakan ekonomi kreatif lokal, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Bergabunglah dengan HiDimas hari ini, dan ambillah bagian dalam merajut masa depan ekonomi digital Indonesia yang lebih mandiri.


Sumber: CNBC Indonesia - Kebanyakan Youtuber dan Tiktoker Bikin RI Rugi, Kok Bisa?

Terbaru

bottom of page