top of page

Kenapa sih Logo Website Selalu Berada di Sisi Kiri?


Kenapa Logo Website Selalu Berada di Sisi Kiri?

Pernah kepikiran gak guys kenapa tiap buka website atau aplikasi, logonya selalu ada di sebelah kiri? awalnya roarwriter rasa itu kebetulan aja sih, tapi kalo diperhatiin lagi emang rata-rata logo ada disebelah kiri ya, haha.


Penempatan sebuah logo brand yang ukurannya gak begitu besar, mungkin terkesan sepele aja. Bisa jadi sengaja diletakkan disisi kiri biar bagus aja ya tata letaknya atau biar nyamain aja gitu sama merek terkenal. Ternyata oh ternyata roarwriter salah, hihii.


Mengutip studi hasil penelitian dalam website Nielsen Norman Group, sebanyak 89% brand meletakkan logonya disisi kiri agar lebih mudah diingat. Hal ini dikarenakan dari detik pertama orang mengakses website atau aplikasinya yang langsung diliat adalah logonya. Bener juga ya first impression kalo kita buka website yang diinget langsung logonya, kayak bacaannya apa atau juga warnanya apa yang ada pada website tersebut.


Selain itu, logo yang berada disisi kiri akan mempercepat user dalam mengakses homepagenya. Bener juga ya, kalo logo berada di kanan atau tengah, bakalan lebih kecil kemungkinan user inget sama logo tersebut, apalagi kita gak mungkin cuma akses satu aplikasi aja.


Dilihat dari sejarahnya, ini juga bisa jadi alasan kenapa logo berada disisi kiri, yaitu karena kebiasaan membaca manusia pada umumnya. Sebagian besar orang membaca dan menulis dimulai dari sisi kiri ke kanan, jadi secara gak langsung kita bakalan reflek aja gitu liat sebelah kanan dulu ya, bener juga.


Wah ternyata tiap-tiap peletakkan design apapun itu ada maksud tersendiri ya guys, jadi kita juga gak bisa mencetuskan seni semaunya, seni juga ada aturan mainnya.


Coba langsung liat logo HiDimas berada disebelah mana ya?

Comments


bottom of page