top of page

Keren Abis! Cek 4 Desain Pola Khas Indonesia yang Bisa Diaplikasikan Kemana Aja!

Indonesia, dengan kekayaan budaya yang beragam, telah menghasilkan pola desain khas yang mampu menghiasi berbagai konteks, mulai dari desain, mode, seni, hingga industri kreatif lainnya. Salah satu contoh yang mencolok adalah budaya kain tenun, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia. Kain tenun dari Suku Baduy, misalnya, menampilkan karakteristik yang unik dan khas.


Warna putih dan biru tua yang mendominasi, serta tekstur kasar dan motif sederhana, menjadi ciri khas kain tenun ini. Kain tenun Suku Baduy biasanya memiliki motif garis warna-warni yang terinspirasi dari alam. Pola ini menjadi bahan utama dalam pembuatan baju adat, khususnya bagi Suku Baduy Dalam yang masih menjunjung tinggi aturan adat.


Pola-pola ini bisa diaplikasikan dalam berbagai media promosi, seperti desain merchandise, logo, atau nama brand, poster digital maupun offline, dan desain unik kartu e-money, serta banyak lagi. Setiap pola memang mempunyai keunikannya sendiri, yang merefleksikan kekayaan budaya Indonesia.


Nah ngomong-ngomong soal pola yang merefleksikan budaya Indonesia, kita tentu tau kalo Indonesia juga punya pola yang paling terkenal, yaitu pola batik. Tapi taukah kamu kalo pola batik itu berbeda-beda di setiap daerah?


Berikut beberapa contoh pola desain yang bisa jadi cocok untuk keperluanmu:


1. Pola Seamless Bunga Batik

Pola Seamless Bunga Batik oleh Muhammad Syaifun Nizar

Terinspirasi oleh keindahan alam Indonesia, pola seamless berulang batik bunga flora botanis vektor mosaik ini tidak hanya menghadirkan keanggunan, tetapi juga menggambarkan kekayaan warisan budaya kita dengan sentuhan modern yang memukau.


2. Batik Simple Kalimantan

Batik Simple Kalimantan oleh Akang Idoy

Koleksi Batik Simple Kalimantan dengan desain yang elegan dan mudah diaplikasikan dalam format vektor. Desain ini menghadirkan sentuhan tradisional namun tetap terkesan modern, bisa banget mempercantik berbagai proyek desain kamu.


3. Batik Hibiscus Flower

Batik Hibiscus Flower oleh Akang Idoy

Batik bunga hibiscus adalah salah satu batik yang lagi-lagi terinspirasi oleh keindahan bunga. Pola bunga hibiscus dipadupadankan dengan warna biru buat pola batik ini jadi keliatan tampil lebih kece. Pola batik yang berformat vektor ini bisa langsung diaplikasikan dalam proyekmu, baik berupa baju, tas dan masih banyak lagi.


4. Pattern Motif Batik

Pattern Motif Batik oleh Bayu Ikal Bimantara

Desain batik yang satu ini cukup berbeda dengan pola batik lainnya, karena di tengah-tengah desain batik ini terdapat sebuah canting yang biasanya digunain untuk membuat batik tulis tradisional. Selain menonjolkan batik, nilai tradisional berhasil dimasukan ke dalam desain ini. Keren kan?


Nah itu dia berbagai macam aset dengan desain pola khas Indonesia yang bisa kamu dapatkan di HiDimas. Kalau kamu paling suka yang mana?


Comments


bottom of page