top of page

Menjelajahi Dunia Kreatif di INSTIKI Bersama HiDimas

Pada Rabu, 24 April 2024, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) berkesempatan untuk menyelenggarakan kuliah umum yang inspiratif dengan mengundang HiDimas, sebuah marketplace untuk desain digital Indonesia yang siap pakai. Berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan para "Designpreneur" muda, acara ini dihadiri oleh para mahasiswa INSTIKI untuk mempelajari peluang membangun karir di industri kreatif.


offline workshop designpreneurship bersama Instiki

HiDimas: Potensi Industri Kreatif di Indonesia Terus Berkembang

Founder HiDimas, Faiby Jauw Kartadinata, membuka sesi dengan memaparkan potensi luar biasa industri kreatif di Indonesia. Mengutip data dari Kementerian Luar Negeri tahun 2022, industri kreatif memiliki nilai ekonomi mencapai Rp1.272 triliun dan menyumbang 13% peluang kerja di Indonesia. Dengan perkembangan market dan bisnisnya, industri kreatif diprediksi akan terus berkembang pesat di masa depan.


Faiby kemudian membahas tentang tantangan yang dihadapi industri kreatif di era digital ini, yaitu munculnya kecerdasan buatan (AI). AI dibuat bukan untuk menggantikan manusia, tetapi untuk membantu dan memperkuat kreativitas manusia. "Manusia yang menggunakan AI, bukan AI yang menggunakan manusia," tegasnya.


Kreativitas dan teknologi haruslah berjalan berdampingan, saling berkolaborasi, namun dengan tetap menjaga batasan yang jelas. Faiby menjelaskan bahwa ada satu hal yang tidak dapat dikerjakan AI, yakni pengalaman dan budaya. Perasaan dan pengalaman yang unik di suatu tempat tidak dimiliki oleh AI. "Menjadi personal adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan AI," jelasnya.


Menariknya, dalam kesempatan kuliah umum ini juga dibahas tren generasi Z yang semakin tertarik untuk meninggalkan pekerjaan kantoran dan memulai bisnis mereka sendiri. Menurut CNBC 2023, 50% GenZ di seluruh dunia ingin memulai usaha mandiri. Hal ini mendorong HiDimas untuk fokus pada pengembangan para "Designpreneur" muda yang ingin mewujudkan impian mereka di dunia kreatif.


Pada kuliah tamu ini diperkenalkan konsep "Crazy Economic Works" yang diusung HiDimas. Konsep ini berfokus pada perubahan sistem dan cara kerja di era ekonomi global. Di saat jobs hunting sudah tidak relevan lagi, works hunting menjadi strategi yang lebih efektif karena fokusnya pada aktivitas pekerjaan yang menghasilkan uang. Pada saat terjadi "crazy economics" atau krisis ekonomi, "works hunting" justru akan menghasilkan lebih banyak peluang. Di saat masalah muncul, itu adalah kesempatan untuk menghasilkan uang karena ada kebutuhan untuk memecahkan masalah.


Solusi HiDimas untuk Industri Kreatif

HiDimas menawarkan solusi bagi para "Designpreneur" muda yang ingin memulai karir di industri kreatif. Dengan bergabung bersama HiDimas, mereka akan mendapatkan:

  • Kebebasan Bekerja: HiDimas memberikan waktu yang fleksibel bagi para kontributornya sehingga mereka dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja.

  • Peluang Networking: HiDimas menyediakan platform untuk membangun networking dengan para "Designpreneur" dan profesional lainnya di industri kreatif.

  • Kemandirian Finansial: HiDimas membantu para kontributornya mencapai kemandirian finansial dengan menyediakan peluang penghasilan tambahan yang menarik.


Faiby menjelaskan bahwa bisnis yang sukses dalam industri kreatif haruslah memiliki prinsip "sustainable, accountable, leverage, economical, and speed."

HiDimas (Hightech Digital Market Store) juga menawarkan berbagai fitur menarik bagi para "Designpreneur":

  • Pencegahan Plagiarisme: ada sistem pencegahan plagiarisme yang ketat untuk memastikan keaslian karya para kontributornya.

  • Digital Store: HiDimas menyediakan platform digital store untuk membantu para kontributor menjual karya mereka secara online.

  • Customization: layanan custom untuk memenuhi kebutuhan klien secara maksimal.

HiDimas membantu para kontributornya untuk menciptakan desain siap pakai yang sesuai dengan kebutuhan market. Kolaborasi INSTIKI bersama HiDimas memberikan inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa INSTIKI yang ingin terjun ke dunia kreatif dengan menerapkan strategi yang tepat. Faiby dan tim HiDimas telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan kreativitas, para "Designpreneur" muda dapat meraih kesuksesan di industri yang dinamis ini.


Mulai bergabung menjadi kontributor HiDimas di sini sekarang!


Comments


bottom of page