top of page

Oh Ternyata Gini Cara Desainer Profesional Menentukan Harga Desainnya

Siapa yang masih bingung kasih harga desain? Atau malah legowo aja pas dikasih harga temen?


Pada kenyataannya, masih banyak banget desainer yang bingung kasih harga buat desain mereka. Beberapa takut dikira kemahalan dan ada juga yang ngasih harga ternyata dibawah pasaran.


Sebelum kita bedah kisaran harga desain sesuai dengan kategorinya, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan nih:

  1. Hitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan detail.

  2. Hitung biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan desain, termasuk biaya langganan online, perangkat lunak, internet, dan lainnya.

  3. Pertimbangkan target projek bulanan yang ingin dicapai untuk menentukan harga yang sesuai.

  4. Kenali klien dengan baik untuk mengetahui rentang harga yang mereka siapkan.

  5. Temukan harga lokal dan melihat bagaimana freelancer lain menetapkan harga untuk patokan.

Selain pertimbangan di atas, roarwriter juga ingin berbagi kisaran harga untuk setiap kategori nih.


Yuk kita simak bareng-bareng!


1. Desain ilustrasi.

Bisa dibilang desain ilustrasi adalah salah satu desain yang rumit dalam pengerjaannya, bener gak?Nah, harga satu desain ilustrasi ini rata-rata dibandrol sekitar 200k - 2.500k.


2. Desain template sosial media

Nah, biasanya yang namanya template bukan cuma dipake sekali dua kali doang dong, template yang kamu bikin bakalan terus menerus digunakan. Untuk desain ini, kamu bisa kasih harga sekitar 100k - 1.000k per desain template.


3. Desain logo.

Yang mendesain banyak tapi gak semua desainer bisa bikin logo. Karena sebuah logo tentunya memiliki makna, mulai dari simbolnya, warnanya dan semua elemen di dalamnya. Makanya gak aneh kalo kisaran harga logo bisa sangat bervariatif, tapi kebanyakan satu logo sederhana bisa dipasarkan sekitar 150k - 750k.


Gimana kalo kamu bikinnya logo yang eksklusif, custom untuk klien tertentu? Kamu tentu bisa mematok harga yang lebih mahal, biasanya harganya mulai dari 1.500k bahkan sampe puluhan juta rupiah!


4. Desain vektor

Gak kalah ribet dari jenis desain lain nih dalam proses pembuatannya dibutuhkan banget fokus dan teliti dalam setiap garisnya. Karena itulah harga desain vektor ini cukup bervariasi tergantung vektor apa yang kamu desain. Untuk vektor sederhana, seperti ikon atau elemen grafis yang lebih kecil bisa dihargai sekitar 100k - 300k per desain vektor. Sedangkan, untuk ilustrasi vektor yang lebih rumit dan detail, harga mungkin berkisar antara 300k - 2.000k atau bahkan lebih.


5. Desain template kemasan produk

Desain ini biasanya akan disesuaikan lagi dengan produk terkait yang akan di jual. Maka gak aneh kalo desain kemasan produk yang sudah jadi akan lebih mahal harganya. Selain itu, desain kemasan produk membantu sebuah perusahaan membangun branding mereka, jadi tentu saja pembuatannya gak main-main.


Untuk desain template kemasan produk ini bisa dibandrol sekitar 500k - 1.500k. Untuk desain kemasan produk yang sudah jadi biasanya bisa dihargai sekitar 1.000k - 3.000an loh!


6. Desain banner

Desain ini dibutuhkan oleh hampir semua industri mulai dari komunitas, perusahaan sampai pemerintahan. Karena itulah desain ini sering diorder oleh para klien. Untuk desain banner, kamu bisa kasih harga sekitar 100k - 1.000k per desain bannernya.


7. Desain template UI (User Interface)

Gimana kalo kamu yang lebih senang mendesain UI seperti desain tampilan aplikasi web dan aplikasi seluler? Mirip dengan desain-desain lain, desain UI sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk kompleksitas desain, kualitas, dan penggunaan lisensi. Untuk desain template UI yang sederhana, misalkan untuk aplikasi seluler, kamu bisa membandrol sekitar 500k - 750k. Tapi, kalo kamu mendesain yang khusus, seperti template UI untuk industri tertentu atau custom, harganya bisa sekitar 1.500k - 5.000k.


Nah itu dia beberapa desain yang sering diorder klien, gimana? Semoga udah gak bingung ya untuk nentuin harga desain kamu sekarang.


Tunggu apalagi langsung upload desain kamu dengan harga yang relevan di HiDimas sekarang. Udah waktunya kasih harga yang sesuai dengan target pasar, udah waktunya kreativitas kamu dihargai dan dilihat banyak orang!


Ayo buruan jual aset kreatif kamu secara profesional di HiDimas sekarang!!

Commentaires


bottom of page