top of page
Gform_banner.jpg

Pertumbuhan Ekonomi Kreatif, Mewujudkan Ekonomi Indonesia yang Sejahtera


Pertumbuhan Ekonomi Kreatif, Mewujudkan Ekonomi Indonesia yang Sejahtera

Potensi pertumbuhan ekonomi kreatif sangat besar, hal ini dikarenakan sumbernya tidak mengandalkan sumber daya alam (SDA), melainkan inovasi yang terus menerus malahirkan pemikiran baru dan berbeda-beda pada setiap pelakunya.


Berdasarkan data BPS pada tahun 2022, terdapat pertambahan sebanyak 2,08 juta menjadi 23,98 juta tenaga kerja yang melahirkan inovasi ekonomi kreatif, artinya dengan jumlah 3,6 juta lapangan kerja telah berhasil diciptakan di sektor kreatif.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparrekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa adanya festival “Indonesia Creative Economy Festival (ICERFS) 2023” menjadi pemicu sekaligus pemacu semangat dalam mendorong pergerakkan ekonomi kreatif sebagai penggerak ekonomi masa depan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.


Dalam festival ICREFS pada Maret 2023 lalu memperlihatkan komitmen yang kuat dari para pelaku ekraf dengan figur utamanya generasi muda dalam upaya pembagunan ekonomi melalui ekonomi kreatif.


Industri kreatif telah menjadi elemen penting yang berkontribusi dalam membangun perekonomian Indonesia.


Tercatat bahwa ekonomi kreatif Indonesia menduduki peringkat tiga dunia dengan nilai tambah sebesar Rp1.300 triliun, setelah Amerika dengan industri perfilman Hollywood dan Korea Selatan dengan industri musik K-Pop.


Ekonomi kreatif memiliki konsep pemberdayaan masyarakat yang minatnya sangat tinggi. Jadi semakin banyak yang terlibat, maka akan semakin besar dampak terhadap penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas.


Apalagi ekonomi kreatif ini berasal dari sumber daya kreativitas yang tidak memiliki batasan. Tiap masyarakat bisa menghasilkan ide-ide, atau gagasan yang out of the box.


Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan terdapat beberapa subsektor yang berpotensi tumbuh paling pesat tahun ini, yaitu desain, film, animasi, video, aplikasi dan pengembang permainan, serta musik.


Upaya untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif memerlukan kebersamaan, memerlukan sinergi dari semua pihak pelaku ekonomi kreatif.


HiDimas menjadi salah satu sinergi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi kreatif yang sejahtera di Indonesia, yaitu dengan memberikan wadah kepada pelaku kreatif dalam menghasilkan kreativitasnya.


Wadah yang dimaksud juga bukan hanya ruang gerak bagi generasi muda dalam berkarya, melainkan sekaligus memberikan perlindungan bagi kreativitas mereka yang sesuai dengan perlindungan hukum kreatif di Indonesia.


Bukan hanya itu, HiDimas juga merangkul seluruh generasi muda di Indonesia agar terus berkreatifitas dalam melahirkan ide-ide kreatif dalam mewujudkan terealisasinya ekonomi kreatif yang sejahtera.


Hal ini sejalan dengan program dan tujuan pemerintah dalam menaikkan taraf ekonomi kreatif agar selaras dengan industri kreatif di dunia.


Keterlibatan HiDimas menjadi salah satu marketplace kreatif di Indonesia yang nantinya bisa ikut membangun kenaikan pertumbuhan perekonomian kreatif khususnya dibidang desain grafis.


Yuk, jadi bagian dari gerakan inovatif dan mewujudkan ekonomi kreatif yang sejahtera dengan bergabung dengan HiDimas sekarang!



Terbaru

bottom of page