top of page
Gform_banner.jpg

Perusahaan PHK Karyawan, Apa Solusi buat Pekerja Kreatif?

Perekonomian dunia bisa dibilang masih belum stabil semenjak masa pandemi, banyak startup yang terpaksa mamangkas ribuan karyawannya guna menyelamatkan keuangan perusahaan, terus bagaimana nasib para karyawan yang terkena PHK? banyak dari mereka memulai melamar pekerjaan ke sana-sini, ada yang buka usaha, ada juga yang beralih sebagai freelancer.

Kondisi dunia pekerjaan membuat lowongan kerja yang semakin jadi rebutan. Hal ini membuat para lulusan baru turut bersaing dengan mereka yang baru saja di PHK, pastinya ada beberapa kualifikasi yang jelas dimenangkan oleh freshgraduate yaitu dari usia dan gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Kebanyakan dari perusahaan lebih memilih freshgraduate karena dari segi keuangan bisa diberikan angka yang standar, hal ini jelas berbeda dengan mereka yang berpengalaman.

Beralih ke freelancer adalah salah satu cara yang bisa membantu kita untuk survive di masa ekonomi saat ini. Sambil mencari pekerjaan yang tepat, bagi pekerja kreatif sudah waktunya kita menciptakan aset kreatif yang bisa dijual belikan untuk kebutuhan kreatif atau marketing lainnya. Asetnya dapat disesuaikan dengan talenta kita, harga juga dari value yang kita miliki, bisa memilah aset yang ingin dijual, yang paling menguntungkan adalah bisa dikerjakan dari mana saja. Semoga pendapatan dari freelancer ini dimulai dari side job bisa jadi menjadi income yang utama dan memberikan work life balance lebih baik.

1. Waktu yang Fleksibel

Sesuai dengan namanya, freelancer tidak terikat dengan aturan sebuah perusahaan, mulai dari cara berpakaian sampai waktu bekerja. Kamu bisa menentukan jam kerjamu sendiri, tidak seperti karyawan tetap yang umumnya bekerja 9 jam sehari.

Tantangannya disini, kamu harus memiliki time management yang baik dalam mengatur waktu dan mengontrol diri saat bekerja.

Kerja di mana saja kapan saja

Gambar: Pekerja kreatif tentunya bisa kerja di mana saja dan kapan saja


2. Work From Anywhere

Bukan cuma waktu yang freksibel, seorang freelancer juga bisa menyelesaikan pekerjaan dimana saja, kamu bisa menentukan tempat nyamanmu sendiri seperti di rumah, cafe atau tempat lain. Kamu engga perlu datang dan bekerja di kantor.

Keuntungan ini menjadikan alasan utama untuk kamu beralih ke sebagai freelancer. Kamu bisa jadi lebih produktif dan kreatif mengeksplor lingkungan kerja yang enggak monoton.

3. Sumber Pendapatan Bisa Lebih dari Satu

Alternatif pendapatan tambahan

Gambar: Bisa mendapatan pendapatan tambahan


Tidak seperti seorang karyawan yang terikat kontrak kerja dalam sebuah perusahaan, freelancer bisa mengambil banyak projek tergantung kemampuan yang kamu miliki. Sumber penghasilan yang lebih dari satu ini sangat memungkinkan kamu mendapatkan gaji melebihi karyawan tetap, semakin banyak projek yang diambil makin besar pula pemasukannya.

Tapi ingat, sesuaikan dengan kemampuan dan manajemen yang baik pastinya. Jangan memaksakan diri mengambil banyak projek yang malah bikin kamu kewalahan.

4. Lebih banyak waktu dengan Keluarga

Lebih banyak waktu untuk bersama keluarga

Gambar: Bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga


Bukan hanya bisa menghemat waktu dalam bekerja, menjadi freelancer juga bisa menghemat pengeluaran dan yang paling penting kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarga, bisa untuk istirahat dan refreshing our mind.

5. Pengalaman Luas Tanpa Batas

pengalaman tanpa batas

Gambar: Kerja sama yang baik dalam tim memberikan pengalaman industri yang berbeda-beda


Banyaknya kerjasama yang diambil tidak hanya menguntungkan dari segi finansial tapi juga pengalaman industri yang berbeda-beda.

Jika mereka puas dengan kinerjamu, tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi freelancer tetap atau bekerja sama membangun sebuah projek bersama mereka.

Seperti halnya karyawan biasa, freelancer yang sudah punya jam terbang lebih lama bisa mengembangkan karir mereka menjadi sebuah usaha. Dimana ia tidak lagi bertindak sebagai 'aktor' melainkan 'sutradara' atau 'produser' yang menggerakkan sejumlah freelancer.

Pilih bidang pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikanmu. Dengan begitu, pekerjaanmu akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.


Terbaru

bottom of page