top of page

Simak, Everlasting Tren Desain di Indonesia

Keragaman budaya dan warisan yang kaya di Indonesia adalah tren desain yang telah menjadi inspirasi bagi para pekerja kreatif untuk menciptakan karya-karya yang memukau dan bermakna. Salah satu tren desain yang semakin mendapatkan perhatian adalah penggunaan elemen budaya lokal dalam proses kreatif (Cultural Design).

Karya-karya desain yang mengangkat kekayaan budaya lokal tidak hanya memperkaya estetika visual, tetapi juga membawa cerita-cerita yang dalam tentang warisan budaya Indonesia. Salah satu contoh yang paling mencolok adalah Bali, pulau yang terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya dengan mengangkat garong sebagai salah satu ikon di Bali, cerita rakyat GWK (Garuda Wisnu Kencana), menjadikan Bali salah satu icon pariwisata yang memukau dunia internasional.

Garuda Wisnu Kencana
Foto Kredit: Jakarta Post

Di kota-kota lain di Indonesia, para pekerja kreatif juga telah mulai menggunakan elemen-elemen budaya lokal, seperti motif tradisional, pahlawan, cerita rakyat, dan simbol-simbol khas, untuk membangun identitas merek dan produk-produk yang unik. Melalui penggunaan kreatif dan inovatif dari elemen-elemen ini, mereka berhasil menciptakan karya-karya yang tidak hanya memikat mata, tetapi juga menginspirasi kreatifitas.

Penggunaan budaya lokal dalam desain tidak hanya memberikan nilai tambah estetika, tetapi juga mempromosikan keberlanjutan budaya dan ekonomi lokal. Dengan mendukung para pekerja kreatif lokal, kita turut memperkuat dan melestarikan warisan budaya Indonesia untuk generasi mendatang. Tren Desain Cultural Design yang everlasting ini menarik para bisnis di industri lain untuk ikut mengembangkan promosi produk atau servisnya dengan menggunakan desain-desain yang lebih mengena dan melokalisasi produknya disesuaikan dengan kota-kota di Indonesia.  




Commentaires


bottom of page