top of page

Taukah Kamu? Kenapa ya Template Sosial Media itu Biasanya 9 atau 12?


Template media sosial
Sumber: Pinterest

Sadar ga sih kenapa template sosial media itu biasanya 9 atau 12 template? Jarang banget kita liat cuma 1 atau 3 template aja atau jangan-jangan selama ini kamu gak gitu merhatiin? Ah kamu sama aja kayak si dia, canda deng.


Ini 4 alasannya, cekidot!!


1. Kebutuhan Layout Grid

Hampir kebanyakan platform media sosial, seperti Instagram punya tata letak yang diatur dalam setiap baris dan kolomnya. Setiap baris akan berisikan 3 post, begitu juga baris berikutnya. Dengan 9 atau 12 template, sosial media kamu akan sedap dipandang secara visual karena template-template tersebut akan terlihat saling berkorelasi dan seimbang satu sama lain.


2. Memberikan User Experience yang Baik

Saat kita berkunjung ke sebuah akun, biasanya akan terlihat tampilan feeds utama dengan susunan 9 atau 12. Feeds inilah yang akan menjadi first impression akun tersbut. Dengan tampilan visual yang memberikan nilai estetika akan membuat feeds kamu enak dilihat oleh followers mu.


3. Keseimbangan Visual

Desainer pastinya selalu menyajikan tampilan visual yang seimbang dalam setiap hasil tangannya. Walaupun bukan desainer, gak ada salahnya loh kamu mencoba untuk mengikuti konsep template ini.


Postingan dengan kelipatan 3 pada feeds (seperti 3-6-9-12) akan menciptakan simetri dan kohesi satu sama lainnya, apalagi jika postingan tersebut memiliki dimensi yang sama atau rasio aspek, dengan postingan yang konsisten akan menghasilkan visual yang sangat menarik nantinya.


4. Perencanaan Konten

Banyak dari user biasanya akan membuat rencana konten lebih dulu sebelum mempostingnya. Biasanya mereka akan mulai dari konsepnya seperti apa, mau diedit dengan aplikasi apa sampai mempreview susunannya postingannya jika diposting nanti, apa penampilannya akan lebih tertata atau justru berantakan? Tentunya gak ada dong yang mau berantakan.


Dengan menggunakan template sosial media akan membuat pekerjaan kita lebih mudah. Kita akan lebih enak untuk mengatur visualisasinya dan mengatur agar postingannya agar selalu rapi.


Nah itu dia alasan kenapa template sosial media sangat dibutuhkan pada setiap postingan.


Kamu bisa banget ikutan bikin template biar visual sosial media kamu menarik dan sekaligus bisa menaikkan branding kamu di sosial media.


Banyak tema template yang bisa kamu bikin, salah satunya yaitu tema Keindahan dan Pariwisata, kamu bisa ikutin desain template media sosial kamu ini di kompetisi HiDimas.


Mau tau pemenang kompetisi desain template media sosial kemarin? Cek di sini.

Comments


bottom of page