top of page

4 Cara Membangun Branding Merek Yang Kuat Bagi Produk UMKM

Membangun merek yang kuat adalah impian seluruh pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Melalui branding merek yang kuat akan melahirkan peningkatan penjualan sesuai yang diharapkan.


Contoh UMKM industri FnB dengan branding yang baik
Contoh UMKM lokal di industri food and beverage dengan branding yang baik

Berikut 4 langkah dalam membangun branding merek yang kuat bagi produk UMKM:


1. Memahami Target Pasar

Dalam membangun branding merek, pelaku UMKM harus tahu persona target pasar mereka, mulai dari siapa mereka, orangnya bagaimana, dan budaya mereka seperti apa. Hanya UMKM lokal di tempat itulah yang hanya bisa memahami nilai-nilai budaya lokal yang ada. Misalnya orang Jawa itu suka pedas, tentunya yang tahu hanya orang-orang dari daerah yang sama yang akan tahu takaran rasa yang mereka sukai.


Tujuan dari hal ini yaitu agar pembeli produk kita memiliki satu koneksi, memiliki emosi yang sama dengan produk yang kita pasarkan.


2. Cara Berkomunikasi Mempengaruhi Minat Audience

Cara komunikasi yang disukai audience itu beda-beda, ada yang suka dengan pembahasan benefit barang, ada yang suka karena kisah atau cerita identitas barang tersebut atau ada juga yang tertarik karena memang mereka butuh barang kita.


Nah, kita harus bisa menyesuaikan komunikasi dengan calon target market kita dan harus bisa menyesuaikan sikap mereka berkomunikasi seperti apa.


3. Menyulap Trending Jadi Peluang

Dulu, untuk membeli produk, kita harus pergi ke toko tanpa adanya ulasan dari pengguna sebelumnya. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, terutama di media sosial, peluang pasar semakin meningkat berkat FOMO (Fear of Missing Out). Kita perlu memanfaatkan tren dan analisis media sosial untuk mempengaruhi minat pasar.


Kemudahan teknologi saat ini, harusnya juga memudahkan kita dalam membangun branding merek sebuah produk, mulai dari logonya, desain kemasannya, bahan promosi digitalnya dan isi dari sosial medianya.


4. Punya Desain Kemasan dan Logo yang Mudah Dikenali Pasar

Desain kemasan dan logo yang mencolok dan mudah dikenali adalah kunci dalam menarik perhatian calon konsumen. Mereka tidak hanya mencerminkan kualitas produk dan profesionalisme merek, tetapi juga mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Logo yang dikenal memainkan peran penting dalam membangun kesadaran merek, membuat produk lebih mudah diidentifikasi dan dipilih oleh konsumen di antara berbagai pilihan yang tersedia.


Nah, sekarang kamu bisa memanfaatkan fitur beli dan revisi di HiDimas. Misalnya mencari desain kemasan untuk seblak, kemasan keripik singkong, logo dan banyak lagi, jadi bisa langsung disesuaikan dengan kebutuhan kreatifmu.


Comments


bottom of page